KELUARGA BESAR MTsN 4 BANYUWANGI BERPARTISIPASI ISTIGHOSAH AKBAR ONLINE SE-JATIM MALAM INI (Upaya Ikhtiar dan Do’a Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19)


Saat ini, dunia sedang menghadapi wabah pandemic virus corona atau covid-19 (Corona Virus Disease yang ditemukan tahun 2019) yang menyebar begitu cepat dan mengakibatkan korban meninggal dalam waktu yang singkat. Per tanggal 8 April 2020 sampai pukul 15.30 WIB, virus yang pertama kali mewabah di Wuhan China ini telah memakan korban 72.774 nyawa dari total 1.282.931 kasus pasien terkonfirmasi positif corona di 211 negara di dunia yang telah terjangkiti virus yang menyerang saluran pernapasan ini. Sementara di Indonesia sendiri, sudah memakan korban meninggal 240 orang dari 2.956 kasus pasien terkonfirmasi positif covid-19 dan 222 orang dinyatakan sembuh. (bisa dilihat di situs resmi covid19.go.id)
Dunia mengalami kepanikan dan mengalami ketakutan. Wabah penyakit yang disebabkan makhluk kasat mata yang berukuran 100 nanometer ini tidak hanya sebagai ancaman serius bagi kesehatan tubuh yang bisa mengakibatkan kematian bagi si penderita tetapi juga sudah memporak-porandakan hampir seluruh sendi-sendi kehidupan, seperti dalam sektor sosial, ekonomi, pendidikan, pariwisata, transportasi, seni budaya, dan lain sebagainya. Semua warga harus tetap di rumah (Stay At Home) untuk memastikan terputusnya penyebaran covid-19 dengan menerapkan social dan physical distancing, sebagai langkah-langkah kebijakan pemerintah untuk melawan virus ini. Kebijakan terbaru yang telah diputuskan Bapak Presiden, mengingat penyebaran covid-19 yang kian tak terbendung adalah kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dengan adanya kebijakan ini, di seluruh wilayah Indonesia yang sudah mengambil langkah kebijakan ini, di wilayah tersebut khususnya tidak boleh lagi ada kerumunan/kumpulan massa lebih dari 5 orang dalam bentuk kegiatan apapun dan aparat berhak secara hukum untuk membubarkan. DKI Jakarta adalah daerah pertama yang sudah mengumumkan kebijakan ini, yang mulai diterapkan pada Jum’at, 10 April 2020 mendatang.
Sebagai Seorang muslim, dalam menghadapi wabah pandemic covid-19 ini, kita harus berikhtiar, berdoa, lantas kemudian bertawakal kepada Alloh swt.  Berikhtiar dengan selalu menaati anjuran/arahan pemerintah dan menerapkan gaya hidup sehat/bersih. Berdo’a agar selalu sehat dan dalam lindungan Alloh swt serta terhindar dari wabah penyakit apapun. Dan bertawakal kepada Alloh, berserah diri sebagai hamba kepada Tuhannya, sebagai makhluk kepada sang kholiknya. Tidak ada kekuatan apapun di dunia ini, kecuali kekuatan-Nya. Semua berasal dari-Nya dan kembali kepada-Nya. Semua yang berlaku di dunia ini atas kehendak-Nya. Tidak terkecuali mewabahnya pandemi virus corona ini.
Sebagai langkah preventif setelah berikhtiar, lalu melaksanakan do’a baik dilaksanakan sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dalam upaya ikhtiar dan do’a ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Jawa Timur seperti Polda Jatim dan Kodam Brawijaya dengan melibatkan organisasi keagamaan seperti MUI Jatim, PW NU Jatim, PW Muhammadiyah Jatim dan LDII Jatim mengambil sikap bersama dan mengagendakan kegiatan ISTIGHOSAH AKBAR SE-JAWA TIMUR malam ini yang ditayangkan langsung beberapa TV swasta Jawa Timur mulai pukul 19.30 s/d Selesai. Semua warga Jatim diharapkan malam ini mulai pukul 19.30 bisa berdiam diri di rumah, menyempatkan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ISTIGHOSAH AKBAR ini dengan mengikuti secara ONLINE lewat di depan TV masing-masing atau bisa streaming/daring di akun Diskominfo Jatim dan PW NU Jatim serta juga live dari Ponpes Lirboyo Kediri yang ditayangkan TV9.
Untuk itu, M4B, MTsN 4 Banyuwangi hadir, sebagai lembaga pemerintah mendukung sepenuhnya dan ikut berpartisipasi aktif dengan telah menyebar-luaskan poster himbauan mengikuti ISTIGHOSAH AKBAR ONLINE SE-JATIM ini kepada seluruh keluarga besar MTsN 4 Banyuwangi beserta siswa-siswi dan orang tua lewat medsos atau grop-grop WA yang ada.
Apalagi dari dalam birokrasi pemerintahan juga sudah menerbitkan surat resmi himbauan mengikuti ISTIGHOSAH AKBAR ONLINE SE-JATIM ini. Seperti himbauan dari Dinas Pendidikan Jatim untuk seluruh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah se-Jawa Timur dengan No. surat : 420/2211/101.1/2020; himbauan dari Kepala Kantor Kanwil Kemenag Jatim untuk seluruh Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota se-jawa Timur dengan No. surat : B-1932/Kw.13.1.2/Kp.01/04/2020; dan himbauan juga datang dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyuwangi kepada seluruh Kepala TU/Kasi/Penyelenggara/MAN/MTsN/MIN/MAS/MTsS/MIS/RA/KUA/Pengawas/Pengasuh Ponpes/TPQ/Madin/Majlis Taklim se-Kabupaten Banyuwangi.
Untuk itu, kepada siapapun, semua warga Jatim, mari berpartisipasi dalam kegiatan ISTIGHOSAH AKBAR ONLINE SE-JATIM malam ini pukul 19.30 dengan hikmat dan khusyu’ di rumah masing-masing. Sebagai bentuk ikhtiar dan do’a dalam menghadapi wabah pandemi covid-19 ini sebelum semuanya kita serahkan sepenuhmya kepada yang memberi hak hidup ini, yakni Alloh swt. MARI BERSAMA MELAWAN CORONA.

#IstighosahAkbarOnlineSeJatim
#Bersama19KyaiSepuhGubernurDanForkopimdaJatim
#JustStayAtHome
#PSBBoke

Komentar